Senin, Desember 24, 2007

Features : Penghuni Asrama Mahasiswa Papua di Makassar Pasca Pemekaran Propinsi


Pesan Pak Bas : “Walau Pisah, Kitong Tetap Satu!”

Papua kini telah mekar menjadi 2 propinsi, Papua dan Irian Jaya Barat (IJB) namun asrama mahasiswa Papua di Makassar masih tetap dihuni oleh para mahasiswa yang berasal dari kedua propinsi tersebut.

LAPORAN : RIZAL BASIR, MAKASSAR

ASRAMA MAHASISWA PROPINSI PAPUA. Begitu format tulisan yang terpampang pada atap baruga yang terletak dibawah pagar besi pintu masuk berukuran lebar sekitar 3 meter.
Asrama Mahasiswa Papua yang letaknya di tengah kota jalan Lanto Daeng Pasewang Makassar itu meletakkan ornamen-ornamen khas Papua di pilar-pilar tembok pagar juga pada pagar besi.
Berbeda dengan keberadaan asrama-asrama mahasiswa dari daerah lain yang tersebar di Kota Makassar, asrama mahasiswa Papua kelihatannya cukup terawat. Bangunan gedung bercat krim terlihat kokoh, taman-taman di halaman gedung asrama terlihat bersih. Itu karena belum lama ini bangunan tersebut telah selesai direnovasi. Sementara Permija (Perhimpunan Mahasiswa Irian Jaya), sebuah wadah yang mengkoordinir keberadaan mahasiswa asal Irian Jaya (kini Papua,red) yang sedang mengenyam pendidikan di setiap daerah di luar wilayah Provinsi Papua.
Wadah ini tersebar hampir di setiap Provinsi di Indonesia yang notabene setiap tahunnya di penuhi oleh mahasiswa asal Papua yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, seperti Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Makassar dan Manado, serta daerah lainnya.
Wadah tersebut di seluruh Indonesia dipeta-petakan menjadi beberapa bagian (cabang). Namanya, Kamasan. Untuk Kota Makassar dan sekitarnya Permija berada dalam ruang lingkup kamasan IV (Empat).
Kita ketahui bersama, sejak keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia, Ma’aruf tentang pemekaran wilayah propinsi Papua menjadi dua yakni Propinsi Papua dan Propinsi Irian Jaya Barat (IJB) dengan sendirinya segala kebutuhan rakyatnya menjadi kewajiban pemerintah daerah setempat.
Di bidang pendidikan misalnya, menjadi upaya pemerintah dalam mewujudkan peningkatan sumber daya manusianya. Seperti dengan memberikan fasilitas-fasilitas yang mendorong terciptanya masyarakat yang cerdas. Fasilitas-fasilitas tersebut diwujudkan dalam bentuk memberikan dana bantuan studi, beasiswa dan bahkan menyediakan asrama-asrama mahasiswa yang disebar di kota-kota pendidikan, serta fasilitas-fasilitas lainnya yang notabene menjadi beban anggaran pemerintah dalam setiap tahunnya.
Jika demikian, berarti dengan diberlakukannya pemekaran wilayah administratif pemerintahan daerah menjadi dua dengan sendirinya pula upaya-upaya tersebut tadi menjadi terbagi sesuai dengan letak wilayah dimana masyarakat tersebut tinggal.
Artinya, asrama Mahasiswa Papua yang ada di Kota Makassar dengan sendirinya lagi menjadi milik pemerintah propinsi Papua yang seyogyanya dimanfaatkan oleh masyarakat yang berada dalam ruang lingkup pemerintahan propinsi Papua. Lantas bagaimana dengan nasib saudara-saudara kita dari Propinsi Irian Jaya Barat? Sementara kita tahu, keberadaan asrama mahasiswa Papua telah berdiri sejak lama sebelum adanya pemekaran wilayah dan telah dihuni oleh mahasiswa dari berbagai kabupaten.
Untuk itu, Bintang Papua mencoba memotret lebih dekat penghuni asrama mahasiswa Papua. Hasilnya, asrama yang luasnya sekitar 600 meter persegi itu ternyata masih saja dihuni oleh mahasiswa yang berasal dari luar propinsi Papua yakni propinsi IJB.
Ketua asrama Mahasiswa Papua Kamasan IV Makassar, John Kapuru ketika ditemui Bintang Papua beberapa waktu lalu mengatakan sampai dengan saat ini penghuni asrama adalah mahasiswa asal Papua secara keseluruhan (maksudnya: berasal dari Papua dan IJB).
“Pemekaran wilayah tidak mempengaruhi kebijakan di asrama mahasiswa Papua Kamasan IV Makassar. Pesan pak Bas, saat bertemu di Universitas Hasanuddin mengatakan bahwa walau pisah, kitong tetap satu,”ungkap mahasiswa Universitas Indonesia Timur (UIT) asal Kabupaten Merauke yang mengaku belum lama ini dinobatkan sebagai ketua asrama. Cukup bijak, itu karena dari pantauan Bintang Papua sejak keputusan Mendagri hingga saat ini asrama Mahasiswa Propinsi Irian Jaya Barat belum ada.
Keharmonisan dan persaudaraan begitu melekat diantara mereka para penghuni asrama yang berjumlah 36 orang dengan kapasitas asrama sebanyak 38 kamar. Menjelang malam, nampak diskusi-diskusi kecil terjadi diantara mereka yang memanfaatkan teras kamar-kamar berletter U. Lapangan kecil yang dikelilingi kamar dimanfaatkan oleh mereka untuk berolah raga footsal setiap sore hari.
Tidak hanya kebijakan pemerintah Papua dalam memberikan fasilitas tempat tinggal di asrama Papua bagi mahasiswa asal IJB, fasilitas-fasilitas lainnya pun diberikan sama kepada mereka. Seperti beras yang dijatah kepada mahasiswa papua sebanyak 300 ton dalam setiap tahunnya.
“Dari jatah beras sebanyak 300 ton itu, kami bagikan setiap orangnya sebanyak 3 zak. Sisanya kami bagikan kepada setiap himpunan mahasiswa tingkat kabupaten melalui ketua himpunan masing-masing sebesar 5 zak,”terangnya. Tidak hanya itu, beban listrik dalam setiap bulannya pun menjadi tanggungjawab pemerintah propinsi Papua.
Dibalik kebijakan Gubernur Papua tersebut diakui oleh mahasiswa asal IJB yang masih menghuni asrama mahasiswa propinsi Papua telah banyak membantu mereka dalam upaya menempuh pendidikan tinggi di Kota Daeng, Makassar.
“Saya sangat berterima kasih kepada bapak Gubernur karena kebijakan tersebut cukup banyak membantu saya dan teman-teman lainnya dalam menempuh pendidikan disini (Makassar,red),”ucap Felix Pati mahasiswa semester akhir Universitas Atmajaya asal kabupaten Manokwari.(Selesai)

7 komentar:

CAHAYA TRAVEL mengatakan...

Kami Cahaya Travel Solution melayani pemesanan tiket pesawat secara online, proses sangat mudah dan cepat, kami siap mencarikan harga tiket termurah untuk anda, anda tidak perlu beranjak dari tempat duduk anda, kami yang mengurus keberangkatan anda, hubungi kami di 0226610981, 0817623376 (tlp & SMS) atau langsung YM ke freedom_ku@yahoo.com, kami juga menyediakan paket tour package dan reservasi hotel. kunjungi web kami di www.cahayatravelsolution.com

Dewi Rumapea mengatakan...

Nama saya Dewi Rumapea, saya dari Indonesia, tolong dengarkan, beberapa pemberi pinjaman di sini tidak bersedia untuk membantu Anda, semua yang mereka inginkan adalah untuk merobek Anda uang Anda sulit diperoleh. Suami saya dan saya, mencari pinjaman dari kreditur yang berbeda online tapi pada akhirnya, kami ditipu dan merobek uang kita tanpa mendapatkan pinjaman kami dari perusahaan-perusahaan pinjaman yang berbeda secara.
Kami bahkan meminjam uang untuk membayar pemberi pinjaman ini online tapi pada akhirnya, kita punya apa-apa.
Suami saya dan saya berada di utang, dan kami tidak punya satu untuk lari ke bantuan, bisnis keluarga kami hancur dan kami di mana tidak bisa mendapatkan uang untuk memenuhi biaya sehari-hari sampai kami diperkenalkan kepada Ibu Glory yang membantu kami dengan menawarkan kita jumlah pinjaman tanpa jaminan dari 500 juta tanpa agunan.
Untuk informasi lebih lanjut tentang bagaimana untuk mencapai Ibu. Glory atau mengikuti prosedur pinjamannya, hubungi saya melalui email saya: dewiputeri9@gmail.com
Atau Anda dapat mengirim email ke Ibu Glory ke: gloryloanfirm@gmail.com

KISAH SUKSES IBU HERAWATI mengatakan...

Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja, dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA, awalnya saya ragu, tapi setelah saya lihat pembuktian video AKI ZYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah benar terbukti dan 2Miliar yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda, saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui Ritual Penarikan Dana Hibah/Pesugihan Putih AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia,jika anda ingin seperti saya silahkan Lihat No Tlp Aki Di website/internet »»>INFO KLIK DISINI<«« Wassalam






RITUAL DUNIA GHAIB

RITUAL TEMBUS TOGEL/LOTREY

BUAYER MUSTIKA

PAKAR MUSTIKA

Ratna Sari mengatakan...

Assalamu'alaikum wr wb...
bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis
dan berbagi kepada teman2 melalui tempat ini,
sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga
dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki,
namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya,
akhirnya saya menanggung hutang ke pelanggan-pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 600 juta ,
saya sudah stress dan hampir bunuh diri anak saya 3 orang masih sekolah di smp / sma dan juga anak sememtarah kuliah,tapi suami saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anaka-naknya ditengah tagihan hutang yang menumpuk,
demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue,
ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman
dan bercerita kepadanya, alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya.
dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan K.H. RAHMAT SANJAYA hidupnya kembali sukses,
awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi saya pikir dan melihat langsung hasilnya, `
saya akhirnya bergabung dangan Program Hibah Dana Gaib!!! Semua petunjuk K.H. RAHMAT SANJAYA saya ikuti dan hanya 1 hari astagfirullahallazim,
alhamdulilah demi allah dan anak saya,
akhirnya 5m yang saya minta benar benar ada di tangan saya,
semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
kini saya kembali sukses terimaksih K.H. RAHMAT SANJAYA saya tidak akan melupakan jasa aki.
jika teman teman berminat, yakin dan percaya insya allah,
saya sudah buktikan demi allah silahkan kunjungi website di www.hibahdanagaib.xtgem.com atau KLIK DISINI
































































































Dewi Rumapea mengatakan...

Nama saya Dewi Rumapea, saya dari Indonesia, tolong dengarkan, beberapa pemberi pinjaman di sini tidak bersedia untuk membantu Anda, semua yang mereka inginkan adalah untuk merobek Anda uang Anda sulit diperoleh, hal yang paling penting adalah menerapkan untuk perusahaan yang sah.. Suami saya dan saya, mencari pinjaman dari kreditur yang berbeda online tapi pada akhirnya, kami ditipu dan merobek uang kita tanpa mendapatkan pinjaman kami dari perusahaan-perusahaan pinjaman yang berbeda secara.
Kami bahkan meminjam uang untuk membayar pemberi pinjaman ini online tapi pada akhirnya, kita punya apa-apa.
Suami saya dan saya berada di utang, dan kami tidak punya satu untuk lari ke bantuan, bisnis keluarga kami hancur dan kami di mana tidak bisa mendapatkan uang untuk memenuhi biaya sehari-hari sampai kami diperkenalkan kepada Ibu Glory yang membantu kami dengan menawarkan kita jumlah pinjaman tanpa jaminan dari 500 juta tanpa agunan.
Untuk informasi lebih lanjut tentang bagaimana untuk mencapai Ibu. Glory atau mengikuti prosedur pinjamannya, hubungi saya melalui email saya: dewiputeri9@gmail.com
Atau Anda dapat mengirim email ke Ibu Glory ke: gloryloanfirm@gmail.com

Solusi cepat kaya mengatakan...

,,.,KISAH NYATA ,,,,,,,
Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hamper bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya stelah bergabung dengan KI JAMBRONG hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI JAMBRONG di No 0853-1712-1219. Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih KI JAMBRONG saya tidak akan melupakan jasa AKI. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH SILAHKAN HUB KI JAMBRONG DI 0853-1712-1219. (TANPA TUMBAL/AMAN).

PAK YAYAT TKW MALAYSIA mengatakan...




Saya Atas nama PAK YAYAT ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di MALAYSIA jadi buru sawit yg gajinya tidak mencukupi keluarga di kampun,jadi TKW itu sangat menderita dan di suatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak di sengaja saya melihat komentar orang tentan AKI SOLEH dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di malaysia,akhirnya saya coba untuk menhubungi AKI SOLEH dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg di berikan AKI SOLEH 100% tembus MAGNUM(4D) <<< 2 6 2 4 >>> saya menang togel (185,juta) meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan AKI SOLEH kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik AKI SOLEH sekali lagi makasih yaa AKI dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja AKI SOLEH DI 082-313-336-747- insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW trimah kasih banyak atas bantuang nomor togel nya AKI wassalam.


KLIK DISINI BOCORAN DUKUN TOGEL 2D 3D 4D 5D 6D HARI INI