Selasa, Desember 18, 2007

Headline: Gubernur Bernabas Suebu dan Jhon Tabo Dapat Penghargaan dari Presiden SBY

Terkait Penanggulangan Kemiskinan di Papua

JAYAPURA– Gubernur Papua Barnabas Suebu dan Bupati Tolikara Jhon Tabo meraih penghargaan Prakarsa Pembangunan Manusia Indonesia Tahun 2007, dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang diserahkan melalui Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra), Abu Rizal Bakrie
Acara pemberian penghargaan tersebut berlangsung di Gedung Birawa, Hotel Bumi Karsa kompleks Bidakara Pancoran Jakarta Selatan, Senin (17/12), dan dihadiri oleh seluruh Gubernur dan Bupati se-Indonesia.
Kedua pemimpin rakyat Papua tersebut, meraih penghargaan bergengsi menyaingi para pemimpin dari daerah lain se-Indonesia, karena dinilai oleh pemerintah pusat mampu memberi kontribusi positif, dalam penanggulangan kemiskinan di daerahnya. Dimana seperti diketahui, Papua adalah salah satu daerah di Indonesia yang kehidupan masyarakatnya masih jauh tertinggal dari daerah lain. Terutama masyarakat yang hidup di wilayah pegunungan, termasuk di Kabupaten Tolikara.
Atas penghargaan ini, Bupati Tolikara ketika dihubungi via telepon semalam mengaku senang dan menganggap penghargaan ini sebagai kado Natal istimewa di Tahun ini, yang diberikan Tuhan untuk dirinya, keluarga terlebih masyarakat Tolikara, Pegunungan Tengah dan masyarakat Papua pada umumnya .
“Saya sangat bersyukur pada Tuhan atas penghargaan ini, saya merasa ini kado Natal teristimewa yang saya terima di Tahun ini, dan saya mau persembahkan buat keluarga saya, orang tua saya, dan terlebih seluruh masyarakat Tolikara yang sudah memberikan partisipasi dan dukungannya sehingga saya bisa meraih penghargaan ini,” akunya di balik telepon.
Diakui, penghargaan yang diberikan kepada Gubernur Bas Suebu dan dirinya adalah bukti kepercayaan pemerintah pusat kepada rakyat Papua.
“Penghargaan ini sepantasnya kembali kepada rakyat, karena merupakan manifestasi dari dukungan rakyat terhadap program pemerintah yang dilakukan di kampung terpencil,” katanya.
Selama dua Tahun kabupaten Tolikara berdiri, lanjutnya, sudah banyak terobosan yang dibuat baik dari segi pembangunan infrastruktur, kesehatan, pendidikan dan bahkan dari segi keamanan. Dimana selama kepemimpinannya, masyarakat Tolikara hidup aman dan tentram. Dengan penghargaan ini, akunya, semoga bisa menjadi motivasi dan mendorong dirinya dan juga pemerintah Tolikara agar bisa lebih giat lagi di dalam membangun Tolikara ke depan, agar tidak lagi tertinggal tapi bisa sejajar dengan daerah lain.
Kaka Bas dan Jhon Tabo adalah dua wakil Papua yang tampil terhormat pada akhir Tahun 2007, merupakan pahlawan yang memperjuangkan hak-hak masyarakat miskin.
Kalau kaka Bas berjuang untuk memajukan rakyat Papua secara universal, dalam arti melayani rakyat di gunung dan di pesisir pantai. Sedangkan Jhon Tabo bergerilya di wilayah pegunungan dan hutan rimba terpencil untuk mengangkat harkat dan martabat mereka yang tertinggal di balik-balik gunung.
Setelah acara penyerahan penghargaan, Bupati Jhon Tabo mendapat kehormatan menyampaikan materi program yang dilakukan di Tolikara di hadapan para peserta Kongres Nasional Pembangunan Manusia Indonesia. Selain Provinsi Papua dan Kabupaten Tolikara, daerah lain yang menerima penghargaan antara lain Provinsi Gorontalo, Jawa Timur, Lampung dan Palangkaraya. Kabupaten Karang Anyar, Kampar, Pinrang dan Boyolali, serta 5 Kotamadya lainnya. (rin)

1 komentar:

jhoniegudel mengatakan...

selamat-selamat....

[URL="http://jogja-visit.blogspot.com"]JOGJA[/URL]