Selasa, Desember 18, 2007

News : Puluhan Warga Suku Koroway Diduga Terjangkit Virus HIV/AIDS

JAYAPURA – Puluhan warga suku Koroway, suku primitif yang tinggal di wilayah perbatasan antara Kabupaten Keerom dan Kabupaten Pegunungan Bintang diduga terjangkit virus HIV/AIDS. Padahal, populasi warga suku ini kurang lebih seratus jiwa.
Informasi tersebut disampaikan Pdt. Ruth Manurung, Pendeta GKI yang selama 8 tahun mengadakan penginjilan di wilayah suku terasing yang mendiami wilayah Terfones, Dules dan Milky. Suku Koroway adalah suku primitif yang bertempat tinggal di pohon dan menggantungkan hidupnya dari berburu dan meramu.
Diduga mereka yang jarang terjangkit virus mematikan ini setelah adanya kontak dengan para pencari gaharu yang menembus keterisolasian wilayah mereka.
“Mereka terjangkit virus ini melalui para pencari gaharu yang masuk ke wilayah ini,” ungkap Pendeta Manurung.
Menurut pendeta Manurung bahwa secara kasat mata sejumlah penduduk suku Koroway memperlihatkan ciri-ciri penderita HIV/AIDS. Gejalanya seperti sariawan, hepatitis, penyakit kulit, tumbuh jamur di mulut, serta ciri-ciri lainnya yang dapat ditemukan pada penderita HIV/AIDS, bahkan ada yang badannya menyusut hingga akhirnya meninggal.
“Temuan adanya dugaan puluhan warga suku Koroway yang masih tinggal di pohon itu sudah disampaikan kepada dinas instansi terkait seperti Dinas Kesehatan Pemkab Keerom,” ujar Ruth Manurung.
Kasus HIV dan AIDS sejak pertama kali ditemukan di Merauke pada tahun 1992, terus meningkat dan kini telah menyebar hampir ke seluruh kabupaten di Provinsi Papua. Data terakhir kumulatif per 30 September 2007 menunjukkan bahwa jumlah penderita HIV /AIDS yang saat telah mencapai angka 3443 kasus.
Sebab itu sudah saatnya semua pihak terkait saling bekerjasama untuk menanggulangi hal ini. Baik pihak pemerintah dalam hal ini Dinas Kesehatan, KPAD dan LSM yang bergerak di bidang pencegahan dan pengobatan HIV/AIDS. (CR-01)

1 komentar:

KISAH SUKSES IBU HERAWATI mengatakan...

Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja, dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA, awalnya saya ragu, tapi setelah saya lihat pembuktian video AKI ZYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah benar terbukti dan 2Miliar yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda, saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui Ritual Penarikan Dana Hibah/Pesugihan Putih AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia,jika anda ingin seperti saya silahkan Lihat No Tlp Aki Di website/internet »»>INFO KLIK DISINI<«« Wassalam






RITUAL DUNIA GHAIB

RITUAL TEMBUS TOGEL/LOTREY

BUAYER MUSTIKA

PAKAR MUSTIKA